Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Mandiri Kucuri Pinjaman Metropolitan Land Rp 415 Miliar

Kompas.com - 01/12/2014, 15:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri Tbk mengucurkan pinjaman kepada Metropolitan Land Group senilai Rp 415 miliar untuk mendukung kebutuhan belanja modal perusahaan properti itu, yang salah satunya pembangunan Metropolitan Mall Cileungsi, Bogor.

Penandatanganan perjanjian kredit dilakukan Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Fransisca Nelwan Mok dan Direktur Utama Metland Nanda Widya di Jakarta, Senin (1/11/2014). Fasilitas kredit tersebut akan dialokasikan kepada PT Metropolitan Land Tbk (Metland) senilai Rp 150 miliar berupa pinjaman transaksi khusus dan tambahan kredit modal kerja senilai Rp 100 milyar.

Dengan penambahan limit fasilitas kredit modal kerja tersebut maka total kredit modal kerja yang disiapkan Bank Mandiri untuk Metland menjadi Rp 300 miliar.

Selain itu, alokasi kredit juga diberikan kepada anak usaha Metland, PT Metropolitan Karyadeka Development (MKD), dalam bentuk pinjaman transaksi khusus senilai Rp 140 miliar dan kredit modal kerja Rp 25 miliar. Fasilitas pinjaman ini akan digunakan untuk mendukung pembangunan kawasan residence Metland West City di Cipondoh, Tangerang.

Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Fransisca Nelwan Mok mengatakan, selama ini, Mandiri telah bekerjasama dengan Metland untuk mendukung proyek-proyek residensial maupun komersial. Fasilitas kredit tersebut merupakan salah satu bentuk komitmen perseroan dalam mendukung pengembangan bisnis Metland.

“Kami berharap dukungan kami dapat membantu Metland dalam meningkatkan kapasitas bisnisnya sehingga, proyek-proyek properti yang dikembangkan oleh perseroan dapat memberikan nilai tambah yang lebih baik bagi perekonomian nasional,” kata Fransisca, dalam penjelasan resminya.

Sektor properti, lanjut Fransisca, merupakan salah satu sektor yang memiliki potensi tumbuh yang sangat baik di masa datang, seiring kebutuhan properti yang terus meningkat.

Hingga September 2014, kredit yang disalurkan Bank Mandiri ke sektor properti dan juga konstruksi telah mencapai Rp 16,34 triliun, meningkat 38,23 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya. Khusus untuk sektor properti, kucuran kredit Bank Mandiri telah mencapai Rp 8,23 triliun, naik 31,13 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Fransisca menjelaskan, selain memberikan fasilitas kredit, Bank Mandiri juga menandatangani kerjasama KPR dengan Metland dan MKD untuk mendukung proyek residence Metland West City.

Direktur Utama Metland Group Nanda Widya mengemukakan, pemancangan tiang pertama Metropolitan Mall Cileungsi telah dilakukan pada Agustus 2014. Pusat perbelanjaan ini berada di kawasan residensial Metland Transyogi yang seremoni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com