Ini Daftar Orang Terkaya di Indonesia - Kompas.com

Ini Daftar Orang Terkaya di Indonesia

Kompas.com - 05/12/2014, 11:55 WIB
SHUTTERSTOCK Ilustrasi

KOMPAS.com — Majalah Forbes kembali merilis daftar 50 orang terkaya di Indonesia. Keluarga Hartono, pemilik Grup Djarum, masih menempati urutan teratas dengan total kekayaan yang didasarkan nilai aset bersih sebesar 16,5 miliar dollar AS.

Tahun ini, kekayaan Budi dan Michael Hartono naik lebih dari 1 miliar dollar AS. Peningkatan ini disebabkan harga saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) yang melesat lebih dari 50 persen dibanding tahun lalu. Kemudian, di posisi kedua ada Susilo Wonowidjojo, pendiri PT Gudang Garam Tbk (GGRM), dengan kekayaan 8 miliar dollar AS.

Angka kekayaan Susilo naik sebesar 2,7 miliar dollar AS akibat harga saham GGRM yang dimiliki terbang hampir 60 persen dibanding tahun lalu. Posisi bos rokok ini naik dari posisi keempat pada tahun lalu ke posisi kedua.

Peringkat ketiga orang terkaya di Indonesia masih ditempati Anthoni Salim yang mengelola Salim Group. Forbes menaksir kekayaan Anthoni Salim tahun ini menurun 400 juta dollar AS menjadi 5,9 miliar dollar AS. Salim Group memiliki berbagai bisnis di industri makanan, telekomunikasi, retail, properti, dan perbankan.

Secara keseluruhan, kekayaan 50 orang terkaya di Indonesia mencapai 102 miliar dollar AS. Nilai ini meningkat dari posisi tahun lalu yang sebesar 95 miliar dollar AS. Nilai aset bersih minimum untuk bisa masuk dalam daftar Forbes tahun ini juga naik menjadi 500 juta dollar AS dari posisi tahun lalu sebesar 390 juta dollar AS.

Berikut daftar 10 orang terkaya di Indonesia versi Forbes:
1) Budi & Michael Hartono, 16,5 miliar dollar AS
2) Susilo Wonowidjojo, 8 miliar dollar AS
3) Anthoni Salim, 5,9 miliar dollar AS
4) Eka Tjipta Widjaja, 5,8 miliar dollar AS
5) Sri Prakash Lohia, 4,4 miliar dollar AS
6) Chairul Tanjung, 4,3 miliar dollar AS
7) Boenjamin Setiawan, 3,5 miliar dollar AS
8) Mochtar Riady, 2,7 miliar dollar AS
9) Peter Sondakh, 2,3 miliar dollar AS
10) Sukanto Tanoto, 2,11 miliar dollar AS

(Amailia Putri Hasniawati)

Baca juga :Ini 11 Miliarder Muda dalam Daftar 400 Orang Terkaya AS

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorErlangga Djumena
Sumber
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM