Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalla: Kalau Ada yang Kesalahan Pembangunan di Indonesia, Itu "Salah" Pengusaha

Kompas.com - 08/12/2014, 12:35 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) melontarkan guyonan terkait peran penting pengusaha dalam pembangunan di Indonesia. Menurut dia, kesalahan pembangunan di Indonesia ini adalah kesalahan pengusaha.

"Para pengusaha minta dilibatkan dalam pembangunan, itu sudah lewat, karena Presidennya pengusaha, Wakil Presidennya juga pengusaha. Jadi, kalau ada yang salah di negeri ini adalah salah pengusaha," ujar JK dalam sambutannya diacara Rapat Pimpinan Nasional Kamar Dagang dan Industri Indonesia, Jakarta, Senin (8/12/2014).

Lebih lanjut kata dia, komposisi pengusaha bukan hanya mengisi pos Presiden dan Wakil Presiden saja, beberapa Menteri dalam Kabibet Kerja juga berlatarbelakang pengusaha.

Terlebih, ucap JK, para Menteri tersebut juga pernah bernaung di Kadin. Meskipun peran pengusaha sangat penting, JK mengatakan bahwa negeri ini bukan hanya pengusaha tetapi ada juga masyarakat kecil.

Oleh karena itu dia meminta penguasa juga memperhatikan masyarakat kalangan bawah dengan terus menciptakan lapangan kerja.

"Menteri Perdagangan orang Kadin, Menteri Perindustrian orang Kadin. Tapi di negeri ini bukan hanya pengusaha. Tidak ada bangsa yang maju tanpa ada pengusaha yang baik," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com