Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wapres: Pengusaha Banyak Tinggalkan "Dosa" bagi Indonesia

Kompas.com - 08/12/2014, 12:49 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menilai bahwa pengusaha sudah terlalu banyak mewariskan "dosa" kepada Indonesia. Bahkan, dosa yang dilakukan pengusaha dalam perjalanan sejarah adalah sisa yang besar.

"Para pengusaha Indonesia sudah banyak meninggalkan dosa besar," kata JK dalam sambutannya di acara Rapat Pimpinan Kadin, Jakarta, Senin (8/12/2014).

Dia menjelaskan, dosa-dosa pengusaha tersebut bisa diketahui dari masa lalu. Tahun 1960-an misalnya, saat bisnis dunia sedang membutuhkan kertas dan kayu, para pengusaha Indonesia berbondong-bondong menebangi pohon dari hutan Indonesia.

Menurut dia, tindakan ambisius pengusaha terhadap sumberdaya alam Indonesia telah membuat ekosistem rusak. Hasilnya, kata JK, banyak daerah-daerah yang terkena musibah banjir dan tanah longsor akibat penebangan.

Atas banyaknya dosa pengusaha tersebut, JK mengajak semua stakeholder dunia usaha untuk berkontribusi membangun negeri ini dengan menanamkan investasinya. "Pengusaha jangan cuma ambil sumber daya alam Indonesia," kata JK.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com