Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Susi: Indonesia Cinta Papua, Semoga Papua Tetap Berada di Indonesia

Kompas.com - 09/12/2014, 05:18 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Susi mengaku akan bekerja keras untuk menindak illegal fishing di laut Papua. Bahkan Susi menegaskan bahwa perhatian pemerintah di sektor kelautan dan perikanan Papua adalah bukti kecintaannya kepada Papua.

"Saya bisa memahami perasaan masyarakat Papua terkait illegal fishing. Kita (Indonesia) cinta Papua, saya harap Papua pun tetap cinta berada di Indonesia," kata Susi saat menanggapi keluh kesah pengusaha asal Papua dalam acara Rapat Pimpinan Kadin, Jakarta, Senin (8/12/2014).

Dia mengatakan, praktik illegal fishing yang terjadi di Papua sama halnya dengan praktik pencurian ikan di wilayah Indonesia. Praktik tersebut tentu akan merugikan para nelayan dan menyebabkan kerugian bagi negara.

Susi berjanji, pemerintah akan memberikan bantuan kepada masyarakat Papua, terutama di sektor kelautan dan perikanan tahun depan. Bantuan itu, kata dia, akan berbentuk alokasi kapal kepada para nelayan Papua.

"Saya melihat apa yang Bapak bicarakan, saya mengerti jeritan Bapak. Semua daerah perbatasan akan dapat alokasi kapal. Universitas juga akan dibuat, SMK juga," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com