Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengamat: Cukuplah Gedung Indosat di Ring 1 yang Lepas ke Swasta

Kompas.com - 17/12/2014, 13:27 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Pengamat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang juga mantan Sekretaris Kementerian BUMN Said Didu mendukung itikad Rini Soemarno yang ingin melakukan efisiensi, termasuk mengurangi kantor-kantor BUMN yang tidak efisien.

"Tapi mungkin bukan dengan cara menjual Kantor Kementerian BUMN yang lokasinya berada di lingkaran 1, Jalan Merdeka," kata dia kepada Kompas.com, Rabu (17/12/2014).

Menurut Said, cukuplah gedung Indosat yang menjadi "saksi bisu" pelepasan aset negara di lingkaran 1 tersebut. "Gedung Indosat adalah satu-satunya gedung swasta yang saat ini ada di lokasi ring 1," imbuh peneliti Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) itu.

Said menilai, upaya efisiensi bisa dilakukan dengan menyewakan gedung tersebut ke pihak lain. "Seperti SKK Migas dan BUMN/perwakilan BUMN yang saat ini masih menyewa di berbagai tempat," ucap Said.

Menurut dia, Gedung Kementerian BUMN yang ada di Jl.Merdeka Selatan, Jakarta Pusat bisa digunakan juga bersama dengan Kementerian/Lembaga yang belum memiliki kantor.

"Perlu diketahui bahwa anggaran Kementerian BUMN selama ini adalah yang terendah dari seluruh Kementerian dan Lembaga yang ada, hanya sekitar Rp 200 miliar-Rp 300 miliar per tahun," pungkas Said.

Sebagaimana diketahui, wacana penjualan Gedung Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mencuat, setelah Menteri Rini Soemarno menyatakan Kementerian akan melakukan efisiensi, awal pekan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com