Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

The Fed Perkuat Sinyal Akan Segera Naikkan Suku Bunga Acuan

Kompas.com - 18/12/2014, 04:44 WIB
WASHINGTON, KOMPAS.com - Bank Sentral Amerika Serikat (The Federal Reserve/The Fed), memberikan sinyal sudah hampir tiba saatnya bagi mereka untuk menaikkan suku bunga acuan. The Fed telah menurunkan Fed Rate ke level ekstra low, di level 0,25 persen, sejak 2008. (Baca Juga: Pak Jokowi, Beker Sudah Berdering Nyaring...)

Sinyal bakal segera naiknya Federal Funds Rate ini keluar menyusul data telah terjadinya penguatan ekonomi Amerika Serikat dan pasar tenaga kerja mereka. Namun, The Fed menyatakan pula bahwa mereka masih akan bersabar untuk sementara waktu, hingga tiba waktu yang mereka nilai benar-benar tepat untuk menaikkan suku bunga acuan tersebut.

Dalam pernyataannya, The Fed mengatakan pendekatan dengan kesabaran ini konsisten dengan sinyal sebelumnya, yang menyatakan Bank Sentral Amerika akan mempertahankan suku bunga acuan nyaris nol persen itu hingga tiba waktu yang tepat untuk menaikkannya.

The Fed tidak memberikan ancar-ancar spesifik tentang rencana waktu suku bunga akan mereka naikkan kembali untuk pertama kali setelah lewat enam tahun. Pada 2008, Bank Sentral Amerika menetapkan suku bunga ekstra rendah ini sebagai satu "paket" kebijakan dengan pengucuran stimulus, demi menahan imbas krisis keuangan di Negeri Paman Sam yang dipicu letusan di sektor properti.

Para ekonom berkeyakinan bahwa kenaikan pertama suku bunga acuan di Amerika akan terjadi pertama kali pada Juni 2015, selama inflasi tak terus tertahan di bawah target 2 persen yang dipatok institusi moneter Amerika. Dalam proyeksi terbaru perekonomian Amerika, The Fed kembali menurunkan perkiraan angka inflasi pada 2015, menjadi 1 persen dari sebelumnya 1,6 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com