Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oleh-oleh "Blusukan", Jokowi Tambah Pembangunan Waduk Jadi 49 Tempat

Kompas.com - 18/12/2014, 11:51 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, setelah dirinya berkeliling ke daerah-daerah, ada sedikit perubahan rencana pembangunan pertanian, terutama infrastruktur pertanian.

"Saya senang, dukungan dari gubenur dan wali kota untuk mewujudkan itu semua (kedaulatan pangan), sama," kata Jokowi dalam pidato kunci pembukaan Musrenbang Nasional, Jakarta, Kamis (18/12/2014).

"Rencananya, kita bangun 30 waduk. Akan tetapi, setelah kita muter-muter, jadi nambah, jadi 49 waduk yang ingin kita bangun dalam lima tahun ke depan," imbuh mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Adapun tahun depan, pemerintah akan memulai pembangunan 13 waduk. Selain pembangunan waduk, pemerintah juga berencana membangun irigasi untuk satu juta hektar lahan pada tahun depan.

"Kemarin ke daerah nambah hampir 2 juta hektar, tetapi saya sampaikan 1 juta hektar karena APBN-P-nya belum," imbuh Jokowi.

"Kalau waduk selesai, irigasi selesai, swasembada tidak akan jauh dari itu. Gubernur dan wali kota harus ikut mengawal. Ini pekerjaan besar yang ingin dilakukan dalam waktu singkat. Manajemen lapangan harus diikuti dan diawasi dengan baik," kata dia.

Baca juga: Jokowi: Negeri Gemah Ripah Loh Jinawi, Faktanya Semuanya Kita Impor...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com