Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jawa Tengah Siap Jadi Provinsi Industri

Kompas.com - 18/12/2014, 14:08 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan kesiapan Jawa Tengah untuk ditumbuhi industri padat karya (labour intensive).

"Betul, saya harap jadi labour intensive. Banyak pengangguran di Jateng. Jika ada industri besar masuk dan menyerap tenaga kerja, rakyat bisa terlibat dan dapat manfaatnya," kata dia ditemui di sela-sela Musrenbang Nasional, Jakarta, Kamis (18/12/2014).

Ganjar menilai, industri padat modal lebih baik berbasis di Ibu Kota saja. "Kalau capital intensive, di Jakarta saja deh. Sebab, kita butuh (padat karya) itu supaya rakyat mendapatkan hak bekerja dan kehidupan yang layak," imbuh Ganjar.

Ganjar mengklaim, sudah banyak calon investor yang melirik Jawa Tengah. Dia mencontohkan, Semarang merupakan wilayah yang sangat menarik bagi investor sebab menetapkan UMP paling rendah.

"Yang minat, banyak. Minimal, ada yang datang cuma berkenalan, bertanya dulu, dan ada yang sudah mulai mengurus, serta ada yang mulai serius bicara administrasinya," pungkas dia.

Beberapa wilayah favorit investor di Jawa Tengah adalah Semarang Raya dan Solo Raya. Adapun kawasan lain yang potensial antara lain Kendal, Demak, Pemalang, Pekalongan, dan Cilacap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com