Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pada 2012, Sudah Ada Upaya Bubarkan Petral

Kompas.com - 24/12/2014, 23:37 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Pada 2012, Pertamina Trading Energy Limited (Petral), sudah pernah dicoba hendak dibubarkan. Namun, upaya tersebut gagal.

Upaya pembubaran anak perusahaan Pertamina itu dilakukan oleh Menteri BUMN pada saat itu, Dahlan Iskan. Cerita soal upaya dan kegagalan tersebut, dituturkan oleh Ketua Tim Reformasi Tata Kelola Migas, Faisal Basri, pada Rabu (24/12/2014).

Menurut Faisal, kegagalan Dahlan itu karena ada kekuatan besar berada di balik Petral. Hal itu, ujar dia, diketahuinya saat bertemu Dahlan dan berbincang soal Petral, beberapa waktu lalu.

"Saya tahu mas Faisal bahwa barang (BBM) dari NOC (National Oil Company) itu belum tentu lebih murah, tapi kenapa pasokan impor masih dari NOC? Waktu itu targetnya bubarkan Petral," tutur Faisal mengulang perkataan Dahlan.

"Ternyata enggak semudah itu bubarkan Petral. Ada kekuatan-kekuatan di atas Pak Dahlan, masih banyak ya, ada langit ke-7, ke-10," lanjut Faisal. Menurut dia, kesepakatan membeli minyak langsung ke NOC tanpa melewati Petral hanyalah pelipur lara karena kegagalan membubarkan Petral itu.

Bahkan kata Faisal, Dahlan sangat sadar bahwa pasokan BBM dari NOC belum tentu yang terbaik. Belajar dari pengalaman Dahlan itu, Faisal mengatakan bahwa Tim Reformasi Tata Kelola Migas tidak akan "grasa-grusu" mengambil kesimpulan terkait pembubaran Petral.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com