Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Minyak Dunia Turun ke Kisaran 55 Dollar AS

Kompas.com - 25/12/2014, 09:06 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com -
Harga minyak dunia turun pada Rabu (14/12/2014) waktu setempat (Kamis pagi WIB), seiring laporan yang menunjukkan bahwa pasokan minyak mentah Amerika Serikat meningkat lebih banyak dari yang diperkirakan.

Minyak mentah jenis light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Februari kehilangan 1,28 dollar AS menjadi ditutup pada 55,84 dollar AS per barel di New York Mercantile Exchange.

Sementara, patokan Eropa, minyak mentah Brent untuk pengiriman Februari turun 1,45 dollar AS menjadi menetap pada 60,24 dollar AS per barel.

Badan Informasi Energi AS (EIA) menyatakan, stok minyak mentah AS bertambah 7,3 juta barel menjadi 387,2 juta barel dalam pekan yang berakhir 19 Desember, tingkat tertinggi sejak Juni.

Persediaan di Cushing, Oklahoma, titik pengiriman untuk minyak mentah AS, naik satu juta barel menjadi 28,8 juta barel. Produksi minyak mentah AS turun 10.000 barel per hari menjadi 9,13 juta barel pada pekan lalu.

Fakta bahwa para pedagang menjual karena aksi ambil untung setelah menguat pada Selasa, juga menjadi salah satu faktor penyebab penurunan harga minyak mentah pada Rabu.

Harga minyak mentah berbalik naik atau "rebound" sekitar tiga persen pada Selasa, didorong oleh data ekonomi positif dari Amerika Serikat.

Produk domestik bruto (PDB) riil Amerika Serikat meningkat pada tingkat tahunan sebesar lima persen di kuartal ketiga tahun ini, naik dari tingkat pertumbuhan kuartal kedua sebesar 4,6 persen dan menandai laju terkuat dalam lebih dari satu dekade, menurut estimasi akhir yang dirilis oleh Departemen Perdagangan pada Selasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP/ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com