Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Airbus Siap Bantu Investigasi Pesawat AirAsia QZ-8501

Kompas.com - 28/12/2014, 18:11 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Airbus selaku produsen pesawat AirAsia Indonesia A320-200 berjanji akan memberikan bantuan penuh kepada otoritas berwenang terkait investigasi hilangnya pesawat dengan nomer penerbangan QZ 8501 pagi tadi.

"Sesuai dengan kesepakatan internasional ICAO Annex 13, Airbus akan memberikan bantuan penuh kepada otoritas investigasi keselamatan Perancis, BEA, dan kepada para pihak yang berwenang terhadap investigasi tersebut," ujar Konsultan Senior Communication AirBus Ameer Brontoari dalam keterangan resminya yang diterima Kompas.com, Jakarta, Minggu (28/12/2014).

Lebih lanjut kata dia, selain akan membantu investigasi, Airbus akan memberikan informasi faktual lebih lanjut begitu tersedia dengan rincian yang telah dkonfirmasi dan disetujui oleh pihak-pihak yang berwenang.

"Manajemen dan staf Airbus ikut berdoa demi keselamatan semua penumpang dan awak Penerbangan QZ 8501 beserta keluarganya," kata dia.

Pesawat Airbus A320-200 adalah pesawat bermesin ganda digerakan oleh mesin CFM 56-5B dengan lorong tunggal (single-aisle) yang dapat menampung 180 tempat duduk penumpang dengan konfigurasi satu kelas.

Dari sejarahnya, pesawat A320 pertama mulai dioperasikan pada bulan Maret 1988. Hingga akhir November 2014, lebih dari 6.000 pesawat dari keluarga A320 dioperasikan oleh lebih dari 300 operator di seluruh dunia. Hingga saat ini, seluruh armada ini telah mengumpulkan lebih dari 154 juta jam terbang dari 85 juta penerbangan.

baca: Pesawat AirAsia dari Surabaya ke Singapura Dilaporkan Hilang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com