Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disuntik Garuda 20 Juta Dollar AS, Citilink Ingin Kuasai Pasar Domestik

Kompas.com - 28/12/2014, 19:03 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Citilink Indonesia mendapatkan suntikan dana dari induk perusahaan, Garuda Indonesia sebesar 20 juta dollar AS. Citilink akan menggunakan dana tersebut untuk melakukan ekspansi bisnis di sepanjang tahun 2015.

“Pinjaman itu diperlukan guna memantapkan upaya Citilik menguasai pasar domestik dan merambah rute regional, sekaligus upaya antisipatif menghadapi ASEAN Open Sky 2015," ujar pelaksana tugas President & CEO Citilink Indonesia Albert Burhan dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Jakarta, Sabtu (27/12/2014).

Albert menjelaskan, perluasan ekspansi Citilink sangatlah penting untuk pengembangan bisnis saat Open Sky 2015. Nantinya, Citilink akan membuka berbagai rute baru baik domestik maupun regional.

"Lagipula selama semester pertama tahun 2015 kita masih terus mendatangkan lima pesawat baru Airbus A320,” kata dia.

Menurut Albert, dengan tambahan pesawat-pesawat baru tersebut Citilink di tahun 2015 dapat meningkatkan frekuensi penerbangan sebesar 30 persen dibanding 2014. Saat ini frekuensi penerbangan Citilink sudah mencapai 182 penerbangan sehari.

Sebelumnya, Garuda Indonesia mengumumkan telah memberikan bantuan pinjaman baru kepada Citilink sebesar 20 juta dollar AS, dengan jangka waktu empat tahun.

Garuda juga melakukan reprofiling pembayaran pokok utang Citilink tahun-tahun sebelumnya ke Garuda Indonesia sebesar 95 juta dollar AS, dengan jadwal pembayaran yang lebih menyesuaikan rencana bisnis Citilink.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com