Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasa Raharja Diminta Perhatikan Santunan untuk Korban AirAsia QZ8501

Kompas.com - 02/01/2015, 14:26 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
- Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil meminta Jasa Raharja memperhatikan pembayaran klaim bagi korban kecelakaan pesawat AirAsia QZ 8501. Menurut dia, setiap penumpang pesawat dijamin oleh Jasa Raharja.

"Kewajiban korban dan kewajiban penumpang yang jadi korban mesti diperhatikan sesuai dengan perjanjian yang ada," ujar Sofyan di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jumat (2/1/2014).

Meskipun begitu, Sofyan mengaku belum tahu persis mengenai kebijakan pemberian klaim kepada korban kecelakaan dalam ini keluarga korban. Oleh karena itu dia mengatakan akan segera mempelajari perjanjian antara pihak asuransi dan operator penerbangan.

"Oh iya iya klaim itu biasanya setiap penumpang pesawat itu dijamin sejumlah uang tetentu oleh Jasa Raharja. Tapi dalam hal ini Jasa Raharja bilang tidak, saya enggak ngerti, tapi kemudian ada asuransi komersil," kata dia.

Sebelumnya, PT Jasa Raharja (Persero) mengaku tidak memiliki kewajiban membayarkan klaim kepada korban kecelakaan pesawat AirAsia QZ8501 tujuan Surabaya-Singapura. Pasalnya kata Jasa Raharja, berdasarkan Undang-undang Nomor 33 dan 34 Tahun 1964 yang ditetapkan bersama dengan Peraturan Menteri KeuanganNomor 36/PMK.010/2008 dan 37/PMK.010/2008 santunan tidak wajib diberikan kepada penumpang tujuan atau dari penerbangan luar negeri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com