Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Benarkan Adanya 16 Penerbangan yang Sempat Dilarang

Kompas.com - 06/01/2015, 17:38 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membenarkan adanya 16 penerbangan yang sempat dilarang di Bandara Juanda, Sidoarjo, hari ini. Namun, setelah perizinan mereka dicek oleh Kemnhub, ke-16 pesawat itu pun dinyatakan berizin dan langsung diperbolehkan terbang.

"(Saat itu) sedang di-review semuanya, izinnya sudah benar apa belum. Pihak AirNav tidak memberangkatkan pesawat sebelum (maskapai) tunjukkan izin dari Kemenhub. Kalau ada perusahaan berpindah jam (penerbangan), tidak masalah. Kalau berbeda hari, itu jadi masalah," ujar Staf Khusus Menteri Perhubungan Hadi M Djuraid, di Kantor Kemenhub, Jakarta, Selasa (6/1/2015).

Lebih lanjut, kata dia, keputusan cepat pemberian izin tersebut diambil lantaran 16 penerbangan itu sudah sesuai izin. "Terlalu cepat (ambil keputusan), dianggap buru-buru. Kalau nanti tidak bergerak cepat, dibilang lebay," kata dia.

Sebelumnya, AirNav melarang penerbangan dari 16 pesawat lantaran belum memiliki izin terbang terkait perubahan jadwal terbang. Namun, setelah dicek oleh Kemnhub, pesawat-pesawat tersebut akhirnya diperbolehkan terbang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com