Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI dan Kodam IX/Udayana Jalin Kerjasama terkait Ketahanan Pangan

Kompas.com - 06/01/2015, 21:00 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

DENPASAS,KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Bali akan bekerjasama dengan Kodam IX/Udayana terkait ketahanan pangan di Bali. Kerjasama ini akan dituangkan dalam MoU yang segera terwujud.

"Saya sudah bertemu langsung dengan pak Torry (Mayjen TNI Torry Djohar Banguntoro-Pangdam IX/Udayana). Semuanya sudah kami bicarakan bagaimana kerjasamanya nanti," kata Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Bali, Dewi Setyowati, Denpasar, Bali, Selasa(6/1/2015).

Dewi juga menjelaskan, mengenai teknisnya masih dalam pembahasan. Tapi, pihak Bank Indonesia telah memahami posisi TNI dalam upaya mencapai swasembada pangan untuk menjamin ketahanan pangan di Indonesia.

"BI mengelola di sektor riilnya, kemudian dibantuan teknis untuk pengembangan UMKM-nya, kita akan mencari "titik potong" dimana ada "potongan irisan yang sama"(tugas kerja). Misalnya, BI memberikan bantuan bibit, pupuk, benih ikan. Nah, nanti dalam bantuannya bisa kerjasama dengan TNI," tambahnya.

Dewi berharap kerjasama BI dan TNI nantinya agar bisa menjaga stabilitas pangan di Bali. Juga mengetahu dampak dan kendalanya terkait komuditas pangan, strategi kedepan dalam rangka menghadapi kelangkaan. Pangan yang kemungkinan ada di Bali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com