Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasokan Elpiji 3 Kg Menipis, Wapres Bilang akan Ditambah

Kompas.com - 09/01/2015, 18:16 WIB
Icha Rastika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla menyampaikan bahwa pemerintah akan menambah pasokan elpiji 3 kilogram, menyusul kelangkaannya di sejumlah daerah. Pasokan elpiji 3 kilogram terjadi setelah pemerintah menaikkan harga elpiji non subsidi kemasan 12 kilogram.

"Nanti akan ditambah," kata Kalla singkat seusai acara pelantikan pengurus pusat Palang Merah Indonesia di Jakarta, Jumat (9/1/2015).

Mengenai desakan sejumlah daerah agar pemerintah merevisi harga eceran tertinggi (HET) elpiji 3 kg, Kalla menyampaikan bahwa opsi itu belum dibicarakan.

Menurut Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Didik Purwadi, disparitas harga sebaiknya tidak terlalu jauh untuk menekan migrasi pengguna elpiji 12 kg ke 3 kg. Harga elpiji 12 kg dinaikan menyusul tingginya harga elpiji di pasar internasional dan melemahnya nilai tukar rupiah yang menyebabkan beban kerugian perusahaan akan makin tinggi.

Penyesuaian harga diputuskan sebesar Rp 1.500 per kg (net Pertamina) terhitung sejak 10 September 2014 pukul 00.00.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com