Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makin Tenggelam, Harga Minyak Mentah Sentuh Level Terendah 6 Tahun

Kompas.com - 13/01/2015, 13:46 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com - Harga minyak mentah Selasa (13/1/2015) di pasar Asia kembali tenggelam menyentuh posisi terendah 6 tahun. Hal ini seiring dengan  proyeksi Goldman Sach yang menurunkan harga emas hitam ini, akibat pasokan yamg melimpah dan lemahnya permintaan.

Kontrak minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Februari turun 71 sen menjadi 45,36 dollar AS per barel. Sedangkan minyak mentah jenis Brent berkurang 70 sen ke posisi 46,73 dollar AS.

Pada perdagangan Senin waktu New York, minyak Brent melorot ke bawah 50 dollar AS untuk pertama kalinya sejak April 2009, dan WTI melorot 4,7 persen ke level terendah sejak Maret 2009.

Para analis telah memperkirakan bahwa pada tahun ini harga minyak mentah akan terus turun di bawah level psikologis 40 dollar AS per barel.  

Goldman Sach memprediksi WTI akan menyentuh level 39 dollar AS per barel dalam 6 bulan. Angka ini turun dibanding perkiraan sebelumnya yang mecapai 75 dollar AS.

Hal tersebut juga memangkas harga minyak Brent, seiring dengan perkiraan bahwa pasokan pasar minyak akan terus melimpah untuk beberapa bulan ke depan. "Tidak ada target angka, tetapi penurunan yang makin dalam ini memang mengkhawatirkan," ucap Michael McCarthy analis pasar CMC Markets di Sydney.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com