Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Susi: Nelayan Kejar Kapal Pencuri Ikan, Itulah Seorang Patriot

Kompas.com - 14/01/2015, 14:31 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memuji aksi heroik para nelayan yang berani menangkap kapal-kapal pencuri ikan di laut Indonesia. Tak segan, Susi pun menyebut para nelayan sebagai patriot alias pahlawan.

"Nelayan tidak pernah hiraukan risikonya kejar kapal pencuri ikan. Itulah seorang patriot," ujar Susi saat menggelar konferensi pers di Kantor KKP, Jakarta, Rabu (14/1/2015).

Dia menjelaskan, perjuangan para nelayan itu sangat heroik lantaran bisa saja para pencuri ikan memiliki senjata api. Bahkan, kata Susi, para nelayan bisa ditembak setiap saat oleh para pencuri ikan. "Mungkin bisa mereka (nelayan) ditembak," kata Susi.

Menurut dia, kenapa para nelayan patut disebut pahlawan juga lantaran mereka secara langsung mempertahankan kedaulatan ekonomi nasional termasuk ekonomi nelayan Indonesia.

Lebih lanjut kata dia, KKP akan mengganti bensin kapal-kapal nelayan yang berhasil menangkap kapal-kapal pencuri ikan di laut Indonesia.

Susi pun menegaskan, para nelayan juga berhak menangkap kapal-kapal yang tertangkap tangan mencuri ikan. Meski begitu, Susi menegaskan bahwa nelayan tidak boleh menghakimi para pencuri ikan tersebut.

"Mereka (nelayan) tidak berhak menghakimi pencuri ikan tapi kalau tangkap kapal pencuri lalu diserahkan ke penegak hukum itu boleh," ucap dia.

baca juga:
Tenggelamkan Kapal, Menteri Susi Dapat Surat Anonim
Menteri Susi: Patriotisme Itu Nirpamrih!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com