Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina: Pertamax Turun Jadi Rp 8.000 Per Liter

Kompas.com - 16/01/2015, 18:26 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Pertamina (Persero) memastikan harga jual pertamax akan disesuaikan menjadi Rp 8.000 per liter, terhitung pada 19 Januari 2015 pukul 00.00 WIB.

Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Ahmad Bambang mengatakan, penurunan harga pertamax dilakukan dalam merespons turunnya harga minyak dunia. "Harga pertamax menjadi Rp 8.000 per liter," kata Ahmad kepada wartawan, Jumat (16/1/2015).

Saat ini, pertamax dibanderol dengan harga Rp 8.800 per liter. Penurunan harga pertamax oleh Pertamina ini menyusul pengumuman penurunan harga premium yang diumumkan oleh Presiden Joko Widodo, Jumat siang.

Ahmad mengatakan, harga baru premium, yakni Rp 6.600 per liter, tidak berlaku di seluruh Indonesia. Harga premium Rp 6.600 per liter berlaku di luar Jawa, Madura, dan Bali (Jamali). Sementara itu, harga premium di Jawa ditetapkan sebesar Rp 6.700 per liter, sedangkan di Bali ditetapkan Rp 7.000 per liter.

"Ini karena harga di luar Jawa, Madura, Bali, pemerintah meminta Pertamina ambil margin sedikit sekali di bawah 1 persen. Sementara itu, di Jawa dan Madura, Pertamina bebas ambil untung sesuai peraturan, yakni 5-10 persen. Kalau di Bali itu dibebaskan oleh pemerintah daerahnya," ucap Ahmad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com