Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng Port Rotterdam, Pemerintah Bangun Pelabuhan Kuala Tanjung

Kompas.com - 21/01/2015, 13:03 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah dalam hal ini Pelindo 1 bekerjasama dengan pelabuhan terbesar di Eropa yaitu Port Rotterdam membangun pelabuhan Kuala Tanjung, Sumatera Utara. Investasi pembangunan pelabuhan itu diperkirakan sekitar 400 juta dollar AS.

"Kuala Tanjung sudah mulai bergerak, pembangunannya bekerjasama dengan Port Rotterdam ini jadi mitra Pelindo 1. Investasinya sekitar 400 juta dollar AS," ujar Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo di Hotel JW Marriot, Jakarta, Rabu (21/1/2015).

Lebih lanjut kata dia, nantinya Pelabuhan Kuala Tanjung akan terintegrasi dengan kawasan industri di Sumatera Utara. Jadi, akan ada keterkaitan dengan berbagai perusahaan perkebunan kelapa sawit di Sumatera.

Untuk menunjang optimalisasi pelabuhan, pemerintah juga akan membangun rel kereta api yang langsung mengarah ke pelabuhan. Bahkan, rencananya pelabuhan Kuala Tanjung juga akan terhubung dengan jalan tol Medan-Belawan.

Pemerintah berharap pembangunan pelabuhan sebagai wujud implementasi Tol Laut bisa selesai dan bisa beroperasi pada tahun awal tahun 2018 nanti.

"Untuk mengakomodasi kelapa sawit yang sudah ada dan banyak di Sumut. Nanti via pelabuhan ini, saat bersamaan juga kawasan industri di Semanggai akan dipakai pengolahan produk kelapa sawit. Jadi program terintegrasi," kata Indroyono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com