Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Berpeluang Menguat Hari ini

Kompas.com - 22/01/2015, 08:40 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah diperkirakan kembali menjaga peluang naik pada perdagangan Kamis (22/1/2015). Sentimen eksternal memberi ruang naik bagi mata uang garuda.

Data Amerika Serikat yang kurang baik mendorong pelemahan indeks dollar AS sehingga memberi kesempatan untuk euro menguat walaupun harapan gelontoran likuiditas oleh Bank Sentral Eropa (ECB) masih sangat diharapkan oleh investor global.

Setelah pengumuman ECB pada pukul 19:45 WIB malam ini, initial jobless claims AS akan diumumkan dan diperkirakan turun. Keputusan ECB jika mengecewakan pasar akan mendorong penguatan dollar AS secara drastis.  

Rupiah melanjutkan penguatan pada perdagangan Rabu (21/1/2015) kali ini bersama-sama mata uang lain di Asia. Imbal hasil SUN juga masih dalam tren turun di mana tenor 10 tahun sudah mencapai 7,42 persen.

Keputusan ECB yang memuaskan investor global diperkirakan bisa mempertahankan tren penguatan pada aset berdenominasi rupiah akan tetapi pembalikan arah perlu diwaspadai jika keputusan ECB justru mengecewakan harapan investor yang sudah terlanjur tinggi.

"Rupiah masih mempunyai ruang untuk menguat hari ini," demikian riset Samuel Sekuritas Indonesia pagi ini. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com