Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DPR Sebut Target Jonan hanya Omong Kosong

Kompas.com - 25/01/2015, 14:59 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Sikap optimisme Jonan yang merasa yakin dengan keluar dari kategori 2 menjadi kategori 1 dalam standar keselamatan penerbangan dari Federal Aviation Administration (FAA) pada Mei 2015, diragukan Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

“Ada dua hal yang dalam benak saya. Pertama, apakah Jonan ini mengerti, sangat ahli sehingga bisa menyelesaikan carut-marut penerbangan ini dengan cepat dengan keahliannya?” tanya Wakil Ketua Komisi V DPR-RI Yudi Widiana Adia, pada diskusi Minggu (25/1/2015).

Atau, yang kedua, Yudi menilai Jonan tidak paham untuk membenahi penerbangan Indonesia sehingga menetapkan batas waktu yang begitu mepet, tiga bulan. Dia mengatakan, Komisi V DPR-RI hampir semuanya menyatakan hal tersebut bisa jadi omong kosong.

“Kita tanya ke Jonan apa jaminan Anda? Hanya sayangnya Jonan hanya menyampaikan kami akan menyelesaikan, dan kalau tidak tercapai eselon 1 dan eselon 2 akan saya pecat, akan saya reposisi,” imbuh Yudi.

Satu hal yang menarik, lanjut Yudi, Jonan tidak berani mempertaruhkan jabatannya. Menurut Yudi, itu adalah satu hal dari sisi politik. Namun apapun itu, Yudi melanjutkan, kalau memang ada keseriusan luar biasa dari Jonan dalam menata masalah penerbangan, tentu Komisi V DPR-RI bakal mengacungi jempol.

“Tapi kita berharap visi sepanjang itu jangan hanya omong kosong. Oleh karenanya perubahan yang akan dilakukan Menhub, akan kita kawal,” tandas Yudi. Dia pun bilang, tidak hanya akan memanggil Jonan sebagai regulator, tetapi seluruh elemen dalam Panitia Kerja Keselamatan Penerbangan, Senin (26/1/2015), seperti INACA, KNKT, para pakar, serta YLKI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com