Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Kucurkan Rp 257 Miliar untuk Sektor Pendidikan Kelautan dan Perikanan

Kompas.com - 28/01/2015, 18:53 WIB
Stefanno Reinard Sulaiman

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan (BPSDM KP) mendapat kucuran dana sebesar Rp 561 miliar untuk tahun ini. Anggaran tersebut bertambah sekitar Rp 29 miliar jika dibandingkan dengan tahun lalu.

"Ya anggaran itu naik, tahun lalu itu Rp 532 miliar dengan realisasi 95 persen. Tahun lalu untuk pendidikan Kelautan dan Perikanan sebesar Rp 257,95 miliar. Sementara 68,87 persen untuk alokasi masyarakat," jelas Suseno Sukoyono selaku Kepala BPSDM KP di Kantornya, Jakarta, Rabu (28/1/2015).

Suseno menambahkan di Tahun 2015, BPSDM KP akan meningkatkan jumlah peserta didik, menambah infrastruktur penyelengaraan pendidikan, dan menambah pendampingan penyuluhan di 34 provinsi. Menurutnya, pengembangan SDM KP adalah unsur penting untuk mengelola sumber daya alam yang ada di Indonesia.

"Pengembangan SDM KP ini sangat penting karena mengelola sumber daya alam kelautan dan perikanan pada hakekatnya adalah mengelola SDM-nya," jelas Suseno.

Dia menambahkan, akan memperbaiki sistem penyuluhan untuk para nelayan. Salah satunya dengan menerapkan sistem tatap muka.

"Kemudian untuk nelayan penyuluhan, ada beberapa hal yang dilakukan, yaitu melakukan tatap muka. Lalu untuk para penyuluh biar update akan setiap kebijakan diminta untuk buka website kami," jelas Suseno.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com