Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub: Kopilot Kendalikan Pesawat Pasti Ada SOP

Kompas.com - 29/01/2015, 19:50 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) belum mengetahui laporan awal Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) terkait kecelakaan AirAsia QZ8501.

Namun, terkait kopilot yang menerbangkan pesawat itu, Kemenhub menyatakan bahwa hal itu pasti ada standard operational prosedur (SOP).

"Enggak tahu saya. Tapi pasti ada SOP-nya" ujar Direktur Jederal Perhubungan Udara Suprastyo saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (29/1/2014).

Sayangnya, saat ditanya bagaimana SOP-nya, ia mengaku tak terlalu tahu. Namun, menurutnya, tak mungkin seorang kopilot bisa menerbangkan pesawat tanpa ada peraturan yang memperbolehkan hal itu.

Lebih lanjut, terkait temuan KNKT itu, ia menyatakan lebih baik ditanyakan ke KNKT. Pasalnya, saat ini KNKT sedang bekerja menguak tabir kecelakaan AirAsia QZ8501.

Sebelumnya, dalam laporan awal KNKT, pesawat AirAsia yang mengalami kecelakaan tanggal 28 Desember 2014 itu diterbangkan oleh Kopilot Rémi-Emmanuel Plesel. Sementara itu, pilot kapten Iriyanto duduk untuk di sebelah mengatur parameter pesawat.

KNKT menyatakan hal itu sebagai hal yang wajar. Pasalnya, sudah biasa dalam dunia penerbangan kopilot juga beberapa kali menerbangkan pesawat.

Senada dengan KNKT, pengamat penerbangan Gerry Soejatman mengatakan, seorang kopilot yang menerbangkan pesawat adalah hal lumrah di semua maskapai di seluruh dunia.

Menurut keterangan pihak AirAsia Indonesia pada Minggu (28/12/2014), kopilot Rémi-Emmanuel Plesel memiliki 2.247 jam terbang. Artinya, Rémi setidaknya telah bekerja diAirAsia Indonesia selama dua tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com