Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Minta Petani Lebih Rajin

Kompas.com - 31/01/2015, 17:50 WIB
Estu Suryowati

Penulis


NGAWI, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo meminta petani Jawa Timur untuk meningkatkan produktivitas gabah kering panen (GKP) sebesar 2 juta ton. Hal itu dia sampaikan saat menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) di lapangan Keraswetan, Ngawi, Jawa Timur, Sabtu (31/1/2015).

"Saya kali ini ke Jawa Timur membawa traktornya 852 plus pompa air 377. Provinsi dan kabupaten lain juga akan kita bagi, bagi, bagi terus. Tujuannya, moga-moga tiga tahun harus swasembada. Siap?" tanya Jokowi.

"Siap," jawab warga yang mayoritas adalah petani.

"Perkiraan saya malah dua tahun bisa swasembada. Saya minta produksinya naik," imbuh Jokowi.

Dia bilang, telah mendapatkan komitmen dari Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, produksi GKP meningkat 2 juta ton. Jokowi meminta petani untuk lebih rajin, sebab sudah diberikan bantuan traktor dan pompa.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menuturkan, perbaikan irigasi untuk Jawa Timur akan dilakukan di lahan seluas 149.000 hektar. "Ini terbesar sepanjang sejarah," ucap Amran.

Selain traktor dan pompa, petani di Jawa Timur juga akan mendapatkan bantuan berupa benih jagung sebanyak 98.000 hektar, dan benih kedelai sebanyak 70.000 hektar. "Kami cek langsung, dari semua yang diberi, kami hanya mengharapkan satu, naikkan padi 2 juta ton GKP," ujar Amran.

Dia menambahkan, secara nasional pemerintah akan memberikan bantuan alsintan 61.000 unit, dan perbaikan irigasi di 1,5 juta hektar lahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com