Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"53 Tahun Tak Selesai, Pembangunan Waduk Jati Gede Mungkin Terlama di Dunia"

Kompas.com - 04/02/2015, 10:36 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menilai pembangunan Waduk Jati Gede merupakan pembangunan yang besar. Pasalnya, selama 53 Tahun pembangunan waduk itu tak kunjung selesai.

"Ini proyek waduk terpanjang, terlama di Indonesia bahkan jangan-jangan di dunia. Sudah 53 tahun, berapa presiden coba," ujar Deddy di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Selasa (3/1/2015).

Ia mengatakan, setelah setengah abad lebih pembangunan waduk Jati Gede tak kunjung selesai, Deddy pun yakin bahwa tahun ini akan selesai. "Insya Alah tahun ini selesai," kata dia.

Sementara terkait ganti rugi kompensasi warga, Deddy memperkirakan akan menelan biaya sebesar Rp 1 triliun. Pada November lalu, pemerintah telah sepakat soal penanggulanan masalah sosial di proyek Waduk Jatigede, Sumedang, Jawa Barat.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (MenPU-Pera), Basuki Hadimuljono mengatakan, pembayaran ganti rugi lahan Waduk Jatigede akan dimasukkan dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Januari 2015.

Basuki menuturkan, saat itu masih ada hampir 11.000 kepala keluarga yang belum direlokasi dari area Waduk Jatigede. Mereka belum menerima ganti rugi, pun kompensasi jaminan hidup. Menurut perhitungan BPKP, biaya ganti rugi untuk KK terdampak tersebut mencapai hampir Rp 700 miliar.

Pembangunan konstruksi waduk mencapai 99,4 persen, dengan kontrak terakhir senilai 467 juta dollar AS, atau sekitar Rp 5,604 triliun. Adapun pinjaman pertama proyek ini berasal dari China. Sementara kontraktornya adalah BUMN bersama Sinohydro Corp, sebuah perusahaan kontraktor China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com