Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri ESDM: Freeport dan Pemerintah Sepakat Bangun Smelter di Papua

Kompas.com - 16/02/2015, 09:05 WIB

TIMIKA, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said, menyatakan, pembangunan smelter akan dilakukan di Papua.

"PT Freeport Indonesia dan pemerintah pusat, pemerintah daerah menyepakati pembangunan smelter di Timika, Papua, Pembangunan smelter di Papua menjadi pembagunan nasional dan Kementerian ESDM akan membentuk Tim Pengelolaan Kapasitas Smelter," kata Sudirman Said dalam keterangan persnya di Timika, Minggu (15/2/2015).

Menurut Sudirman, kesepakatan itu merupakan hasil dari rapat dengan Majelis Rakyat Papua, Gubernur Papua, Bupati Mimika, DPR RI yang diwakili Tony Wardoyo.

Kesepakatan lainnya, kata Sudirman, adalah pembangunan smelter merupakan bagian dari pembangunan industri yang disiapkan oleh Pemerintah Daerah Papua dan pemerintah daerah Mimika.

"Pembangunan smelter bagian dari pembangunan industri yang disiapkan pemda mimika dan Pemda Papua. Kementerian PU dan Perumahan Rakyat akan mendukung penuh rencana tersebut," katanya.

PT Freeport Indonesia, kata Sudirman Said juga mendukung rencana tersebut. "PT Freeport Indonesia akan dukung sepenuhnya proses-proses pembangunan smelter untuk menerobos wilayah sulit. Pemda Papua dan Pemda Mimika akan menyiapkan tim yang nantinya akan mengelola kawasan. "Jadi Pemda Papua dan Pemda Mimika adalah counterpart bagi siapapun baik mitra, PT Freeport Indonesia, investor, dan tim ini yang akan menentukan," kata Sudirman.

Terakhir, kata Sudirman, kesepakatan pembangunan smelter di Papua kedepan adalah untuk membangun ekonomi Papua.

"Kedepan bangun isu smelter bukan bukan lagi dari aspek politik," ucap Sudirman.

baca juga: Freeport Butuh Tambahan 5.000 Karyawan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com