Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri ESDM: Harga BBM Tetap

Kompas.com - 17/02/2015, 11:00 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said memastikan, harga bahan bakar minyak (BBM) pada pertengahan bulan ini tidak mengalami perubahan.

"Dalam rapat di Kemenko kemarin sudah diputuskan kita akan stay pada harga sekarang," kata Sudirman di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (17/2/2015).

Dia mengatakan lebih lanjut, jika ada laba jual, maka kelebihan atau keuntungan tersebut akan dijadikan cadangan untuk membangun cadangan penyangga.

Sayangnya, saat dikonfirmasi mengenai kelebihan tersebut, Sudirman menegaskan bahwa pihaknya belum tahu apakah memang ada laba jual. "(Belum tahu) karena setiap bulan akan direkonsiliasi. Menurut rekomendasi Komisi VII DPR-RI, kalau (harga minyak) turun, (BBM) akan diturunkan. Namun, kemudian ada catatan, mekanismenya akan diserahkan ke pemerintah," ujar Sudirman.

Menurut pantauan Kompas.com, akhir pekan lalu, harga premium di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Sunter, Jakarta Utara, tetap Rp 6.700 per liter, sementara harga solar masih bertengger di Rp 6.400 per liter.

Untuk diketahui, awal bulan ini, harga kedua jenis BBM tersebut juga tidak berubah, setelah pada 16 Januari 2015 turun harga menjadi Rp 6.700 per liter untuk premium dan Rp 6.400 untuk solar. Adapun harga premium penugasan (di luar Jawa, Madura, dan Bali) dibanderol Rp 6.600 per liter, sedangkan harga premium di Bali tercatat paling mahal, Rp 7.000 per liter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com