Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Negara-negara Uni Eropa Mengultimatum Yunani

Kompas.com - 17/02/2015, 12:03 WIB

BRUSSELS, KOMPAS.com - Para menteri di zona euro Eurozone telah mengultimatum Yunani untuk meminta perpanjangan program bailout, menyusul gagalnya pembicaraan mengenai penanganan krisis keuangan di negeri itu, sehingga makin membuka kemungkinan Yunani keluar dari zona euro.

Selain masalah kesengitan, Menteri Keuangan Yunani Yanis Varoufakis pada Senin (16/2/2015) menyatakan bahwa perbedaan pemahaman mengenai bailout kemungkinan bisa terjadi pada pembicaraan yang akan berlangsung dua hari ke depan.

"Saya tidak ragu, bahwa akan ada kesepakatan pada akhirnya nanti," ujar Varoufakis sebagaimana dikutip AFP, Selasa (17/2/2015).

Eurogroup head, Jeroen Dijsselbloem menuturkan bahwa Yunani memiliki sisa waktu pekan ini untuk meminta perpanjangan program bailout, yang akan berakhir pada akhir bulan ini.

"Mengacu pada timelines, kita bisa menggunakan sisa waktu minggu ini untuk melakukan pembicaraan," ujar Dijsselbloem, yang juga menjabat sebagai Menteri Keuangan Belanda sekaligus pengawas kebijakan pengetatan anggaran di zona euro.

Sementara itu, seorang sumber di pemerintahan Yunani menyebutkan bahwa permintaan untuk perpanjangan bailout adalah sebuah permintaan "absurd". Pejabat itu menyalahkan Dijsselbloem yang memasukkan proposal yang dia ketahui bakal ditolak mentah-mentah oleh otoritas Yunani.

"Desakan sejumlah kelompok agar pemerintah Yunani meminta bailout adalah permintaan tidak jelas serta tidak bisa diterima," ujar sumber tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com