Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Kata yang Membuat Susi Tertarik Menjadi Menteri di Pemerintahan Jokowi

Kompas.com - 17/02/2015, 14:15 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Di hadapan para gubernur, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengungkapkan salah satu alasannya untuk bergabung ke dalam Kabinet Kerja pemerintahan Presiden Joko Widodo. Menurut dia, ketertarikan bergabung dengan pemerintahan adalah karena Presiden menyodorkan satu kata, perubahan.

"Saya bergabung dengan pemerintahan ini atas ketertarikan dengan kata perubahan (yang ditawarkan Presiden Jokowi)," ujar Susi di depan para gubernur yang hadir di Gedung Mina Bahari III Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Selasa (17/2/2015).

Perubahan itu pula yang menjadi misinya. Namun, Susi mengaku tak bisa berbuat banyak apabila dukungan terhadapnya minim untuk membuat perubahan. Oleh karena itu, dia secara langsung meminta dukungan semua stakeholder di sektor kelautan dan perikanan, termasuk pemerintah pusat dan daerah untuk mendukung kebijakannya.

"Tapi, saya enggak mungkin mengubah itu semua sendirian, tanpa support dari pemerintahan pusat dan daerah. Makanya, para gubernur juga harus berusaha ikut melakukan perubahan," kata Susi.

Meski begitu, Susi juga menyadari bahwa usaha untuk melakukan perubahan itu tak selalu mulus. Bahkan, dia meminta maaf secara langsung apabila kebijakannya menuai pro kontra di lapangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com