Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pacu Investasi, JK Ingin Daerah Lain Ikuti Bekasi

Kompas.com - 24/02/2015, 15:11 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) meminta para pengusaha menciptakan Bekasi-Bekasi baru diberbagai daerah di Indonesia. Menurut JK, Bekasi merupakan satu model kota yang memiliki sektor industri yang baik.

"Investasilah, sehingga di daerah muncullah bekasi baru," ujar JK saat memberikan arahan kepada para pengusaha di Kantor Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Jakarta, Selasa (24/2/2015).

Arahan yang diberikan JK menekankan adanya pemerataan pembangunan di daerah. Ia melihat, Bekasi, Tanggerang, Karawang sudah sangat disesaki para investor. Berbagai perusahaan pun bercokol di kota-kota itu.

Melihat peluang tingginya investasi di indonesia, JK pun menilai perlu adanya arahan kepada pengusaha untuk juga berinvestasi di daarah lain. Menurutnya, investasi yang hanya memusat di suatu daerah atau kota hanya akan menimbulkan kesenjangan sosial dan ekonomi.

Dia khawatir apabila investor hanya fokus di Bekasi dan Tangerang, maka Jakarta akan terkena imbasnya. "(Investasi) Jangan terkonsentrasi di Bekasi dan Tangerang, nanti kalau (buruh) demo ke sini (Jakarta) semua. Jakarta makin macet," kata dia.

Selain mendorong para investor berinvestasi di daerah, JK juga mendorong pemerintah daerah untuk aktif melakukan promosi kepada para investor. Salah satunya yaitu melakukan perbaikan sistem birokrasi pelayanan perizinan investasi di daerah.

Sementara di pusat, JK meminta BKPM untuk menyediakan layanan khusus perizinan yang mempu menampilkan informasi perizinan di semua daerah. Hal itu penting dilakukan agar para investor tak perlu susah-susah datang mencari informasi langsung ke daerah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com