Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Diprediksi Menanjak Merespons Sentimen Global

Kompas.com - 25/02/2015, 08:54 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah diproyeksikan akan mencoba bergerak naik pada perdagangan Rabu (25/2/2015). Turunnya indeks dollar AS yang akan beradu kuat dengan data-data ekonomi Tiongkok menjadi sentimen yang turut menentukan gerak mata uang garuda.

Gubernur The Fed, Janet L Yellen menunjukkan kepuasannya terhadap laju perekonomian kecuali inflasi. Keinginan menaikkan suku bunga tetap ada, tetapi paling tidak dalam dua FOMC meeting ke depan Fed rate bisa dipastikan tetap.

Menurut riset Samuel Sekuritas Indonesia, kenaikan Fed rate nantinya akan didahului oleh perubahan forward guidance. Pasar merespon positif pernyataan Yellen; di mana S&P 500 naik, US Treasury turun imbal hasilnya seiring dengan indeks dollar AS. Angka manufaktur Tiongkok ditunggu pagi ini, diperkirakan turun.

Rupiah sendiri melemah bersama mayoritas kurs di Asia hingga kemarin sore. Pelemahan rupiah bersamaan dengan penguatan di saham serta obligasi. Belum terlihat intervensi berlebihan oleh BI di pasar valas terkait pelemahan rupiah.

Pernyataan Yellen yang memberikan harapan bahwa Fed rate tidak naik dalam waktu dekat berpeluang memberikan dorongan positif terhadap rupiah hari ini. Walaupun demikian, buruknya data Tiongkok dapat mempertahankan tren penguatan dollar AS di Asia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com