Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibayangi Pelemahan, Rupiah Dekati Level 12.900

Kompas.com - 27/02/2015, 09:48 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -
Terbalik dengan pasar saham Indonesia yang terus melaju, rupiah justru kembali melemah. Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot melemah mendekati level 12.900.

Seperti dikutip dari data Bloomberg, mata uang Garuda ini dibuka melemah ke posisi Rp 12.868 per dollar AS dibanding penutupan kemarin pada 12.831. Hingga sekitar pukul 9.25 WIB, rupiah terus melemah ke level 12.874.

Naiknya indeks dollar AS diperkirakan kembali menggoyang posisi mata uang garuda. Walaupun angka inflasi AS diumumkan turun drastis hingga masuk ke zona deflasi, angka inflasi inti yang hampir tidak berubah menjaga optimisme bahwa turunnya angka inflasi lebih disebabkan oleh penurunan harga komoditas, dini hari tadi.

Hal itu diperkirakan akan berdampak positif terhadap perekonomian AS sehingga pada akhirnya akan mendorong inflasi untuk kembali naik menuju target yang ditentukan oleh the Fed. Indeks dollar AS naik tajam setelah pengumuman bersamaan dengan kenaikan imbal hasil US Treasury 10 tahun. Hari ini diperkirakan dollar AS akan kuat di Asia. Malam ini ditunggu data revisi GDP AS yang diperkirakan turun hingga 2 persen secara tahunan.  

Dibuka melemah, rupiah kemarin menguat di penutupan. Mayoritas mata uang di Asia juga menguat terhadap dollar AS. IHSG juga menunjukkan pola yang sama dengan rupiah sebelum akhirnya ditutup di zona hijau. Angka inflasi diumumkan Senin pekan depan, diperkirakan lebih rendah dari angka bulan Januari.

"Rupiah hari ini diperkirakan kembali melemah dengan dollar AS yang menguat tajam dini hari tadi," demikian Riset Samuel Sekuritas Indonesia, pagi ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com