Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usia 100 Tahun, Pendapatan Per Kapita Indonesia Harus 10.000 Dollar AS

Kompas.com - 27/02/2015, 10:34 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo mengatakan, pemerintah memiliki sasaran ekonomi jangka panjang yang sederhana. Pemerintah menargetkan pada usia 100 tahun, Indonesia harus sudah menjadi negara maju dengan pendapatan per kapita masyarakat Indonesia mencapai 10.000 dollar AS.

"Saat itu komponen maritim harus sudah besar lah sumbangannya (pada PDB)," ujar Indroyono di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (26/2/2015).

Untuk mewujudkan itu, Kemenko Maritim kata dia sudah memiliki empat fokus utama yaitu memperkuat kedaulatan maritim, meningkatkan sumberdaya maritim termasuk pariwisata, meningkatkan pembangunan infrastruktur maritim, dan berusaha mewujudkan bangsa Indonesia menjadi bangsa bahari.

Sementara itu, untuk target jangka pendek, pemerintah sudah memiliki target pertumbuhan ekonomi mencapai 7 persen. Dia sangat yakin dengan berbagai kebijakan pemerintah terutama disektor maritim seperti pembangunan tol laut akan membuat ekonomi Indonesia terkerek.

"Sasarannya sederhana, ya dalam 5 tahun ini pertumbuhan ekonomi bisa 7 persen," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com