Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sidak Penghapusan Loket Tiket Bandara, Jonan Nilai Garuda Paling Siap dan Lion Air Tidak

Kompas.com - 01/03/2015, 23:32 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Malam ini, Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Minggu (1/3/2015). Sidak dilakukan untuk melihat pelaksanaan kebijakan penutupan loket tiket di Bandara yang berlaku mulai hari ini.

Setelah 1 jam meninjau customer service atau layanan konsumen di Terminal 3 dan 2 Bandara Soekarno-Hatta, Jonan pun memiliki kesan terhadap kesiapan maskapai menghapus counter tiket dan menyediakan vending machine.

"Iya saya ke sini melihat kebijakan penutupan loket penyediaan vending machine. Garuda yang paling siap... AirAsia oke, Lion enggak siap," ujar Jonan setelah melakukan sidak.

Kesiapan Garuda kata dia bisa terlihat dari adanya e-booking dan nomer telepon layanan konsumen yang setiap saat bisa menerima booking atau pemesanan tiket. Bahkan kata Jonan, penumpang bisa langsung memesan tiket pesawat di layanan konsumen tersebut.

Sementara itu, AirAsia kata Jonan juga sudah melakukan persiapan yang cukup. Hal itu terbukti dengan adanya vending machine di depan layanan konsumen di Terminal 3.

Sementara Lion Air, hanya sebatas mengganti loket penjualan tiket menjadi layanan konsumen. Jonan bahkan sempat masuk dan meninjau langsung layanan konsumen Lion Air. Sayangnya, vending machine belum terlihat di layanan konsumen milik Lion Air.

"Harusnya semua maskapai begitu (bisa seperti Garuda). Saya kira semua bisa," kata Jonan.

Sidak itu sendiri dimulai sekitar pukul 21.00 WIB. Selain Jonan, terlihat juga Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Suprasetyo, Direktur Utama Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi, Direktur Operasional Angkasa Pura II Djoko Murjarmodjo, serta Staf Khusus Menhub Hadi M Djuraid.

Tak lama sesampainya di Terminal 3, Jonan langsung bergerak cepat menelusuri counter tiket maskapai yang kini berubah menjadi layanan konsumen di Terminal 3. AirAsia dan Lion Air menjadi maskapai yang dilihat kesiapannya di Terminal 3.

Selain mengecek layanan konsumen maskapai, Jonan juga menyempatkan diri masuk Ke Terminal 3 untuk melihat pencahayaan di dalam Terminal. Berapa kali Jonan tampak berdiskusi dengan pejabat Angkasa Pura II terkait pencahayaan tersebut.

Setelah meninjau Terminal 3, Jonan langsung menuju Terminal 2 Bandara. Di situ, dia meninjau layanan konsumen Garuda Indonesia. Sekitar pukul 22.15 WIB, Jonan menyudahi sidaknya itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com