Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungi SPBG Mangkrak, Menteri ESDM Sebut Pasokan Gas Perlu Diperjelas

Kompas.com - 03/03/2015, 20:42 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengunjungi dua Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG), yakni SPGB Lebak Bulus, Jakarta Selatan dan SPBG Cililitan, Jakarta Timur, Selasa (3/3/2015).

SPBG Lebak Bulus yang mulai beroperasi pada November 2014 lalu hingga saat ini belum dimanfaatkan optimal. Utilitasnya baru delapan persen dari kapasitas terpasang, atau baru mencapai 80.000 liter setara premium (LSP) per bulan. Sementara SPBG Cililitan malah belum beroperasi sama sekali.

Sudirman mengatakan, ada dua SPBG di Jakarta yang sudah selesai konstruksi namun belum beroperasi, yakni SPBG Pulau Gadung, dan SPBG Cililitan. “Masalahnya sambungan gas dari supplier ke fasilitas ini,” kata Sudirman.

Untuk mengurai permasalahan tersebut, Sudirman menuturkan pihaknya berencana mengundang PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk. untuk membicarakan kemungkinan pasokan gas. Sedianya, Pertamina EP akan menjadi pemasok SPBG Cililitan. Sudirman mengakui, pemerintah bertugas untuk mendorong agar proyek-proyek yang sudah siap beroperasi, agar benar-benar bisa beroperasi.

“Gas itu masa depan kita, di samping harganya lebih murah, kualitasnya lebih bersih untuk lingkungan,” imbuh Sudirman.

SPBG Cililitan dibangun dengan anggaran biaya investasi PT Pertamina (Persero). SPBG Cililitan yang akan melayani transjakarta, angkot, serta bajaj ditargetkan beroperasi pada akhir Maret 2015. Namun, hingga saat ini operasional SPBG masih menunggu pemasangan MRS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com