Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BCA Mulai Memangkas Suku Bunga Pinjaman

Kompas.com - 06/03/2015, 09:43 WIB
Stefanno Reinard Sulaiman

Penulis


JAKARTA,KOMPAS.com - Presiden Direktur PT Bank Central Asia (BCA) Tbk menyatakan, pihaknya mulai memangkas suku bunga pinjaman per Maret 2015 ini. Hal ini disampaikannya dalam acara Pencapaian Kinerja PT BCA Tbk tahun 2014 di Hotel Kempinski, Jakarta, Kamis (5/3/2015).

"Akan kita pangkas 0,25 persen. Kredit kan selalu ada range, korporasi antara 10 persen-11 persen. Yang 11,5 persen kita cut 0,25 persen. Kalau deposito kita turunin terus, kita sudah langsung Maret nanti turunkan 0,25 persen rata-rata. Kalau seperti ini trennya akan turun, tapi kalau permintaan kredit melonjak, dana pihak ketiga seret, bisa naik lagi bunganya," kata Jahja.

Untuk pertumbuhan kredit tahun 2015 ini, Jahja menargetkan pada kisaran 12-15 persen. 
"Pertumbuhan kredit kita konservatif saja di antara 12 persen-15 persen. Karena tergantung dana pihak ketiga, karena kita tidak mau Loan Deposit Ratio terlalu jor-joran. Jadi kita maintain maksimal sampai 80 persen," kata dia.

Jahja memperkirakan di tahun ini, permintaan di sektor korporasi masih akan kuat, diikuti dengan KPR juga sektor komersial.

Adapun terkait jasa Layanan Keuangan Digital (LKD), Jahja mengemukakan, BCA akan melakukan pilot project di dua tempat pada akhir Maret dan awal April nanti. "Ada 2 macam, sistem dengan Bank Indonesia dan laku pandai oleh Otoritas Jasa Keuangan. Untuk yang sistem BI LKD-nya pilot project di Cipulir. Dengan OJK kita mau melihat daerah Purwodadi dan Wonogiri untuk akhir Maret dan awal April," sebutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com