Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Anjlok, Ketua DPR Desak Pemerintah Segera Cari Jalan Keluar

Kompas.com - 06/03/2015, 13:00 WIB
Ihsanuddin

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPR Setya Novanto mempertanyakan kinerja pemerintah, khususnya Bank Indonesia, atas anjloknya nilai tukar rupiah. Dia meminta segera dilakukan antisipasi terhadap anjloknya rupiah yang tembuh hingga Rp 13.000 per dollar AS.

"Tentu kita mengharapkan Pemerintah terus mengantisipasi, khususnya Bank Indonesia untuk mencari jalan keluar. Karena masalah ini pemerintah mengetahui dan harus segera bertindak," kata Novanto di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (6/3/2015).

Novanto menilai, anjloknya nilai tukar rupiah ini tentunya akan berdampak masif bagi ekonomi Indonesia. Berbagai sektor yang berkaitan dengan perdagangan, pertanian, infrastruktur dan sebagainya akan terpengaruh.

"Kita harapkan semua ini bisa berjalan cepat, saya yakin Presiden sudah menginstruksikan kepada seluruh kementerian terkait untuk segera mengatasinya," ucap Wakil Ketua Partai Golkar ini.

Novanto menganggap anjloknya nilai tukar ini sebagai suatu hal yang wajar karena merupakan efek dari Indonesia sebagai negara yang berkembang. Negara berkembang, menurut dia, nilai tukarnya masih mudah dipengaruhi oleh berbagai kondisi dan situasi, tak terkecuali politik.

"Tapi kita mudah-mudahan tetap terkenali, tidak ada gejolak terlalu tinggi," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com