Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Indonesia, Baru Maskapai Garuda yang Penuhi Standar Keselamatan Global

Kompas.com - 12/03/2015, 16:15 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — The International Air Transportation Association (IATA) atau Asosiasi Penerbangan Internasional menyatakan, dari 62 maskapai di Indonesia, baru Garuda Indonesia yang memiliki sertifikat keselamatan dari IATA Operational Safety Audit (IOSA).

"IOSA adalah standar global dan merupakan upaya kami untuk meningkatkan keamanan. Namun, dari 62 maskapai di Indonesia yang berjadwal atau penerbangan carter, hanya Garuda yang memiliki registrasi IOSA," ujar Director General dan CEO IATA Tony Tyler di Hotel Ritz-Carlton, Jakarta, Kamis (12/3/2015).

Tony membeberkan beberapa data terkait angka keselamatan maskapai yang sudah memenuhi IOSA dan yang tidak. Menurut dia, hanya satu kecelakaan terjadi dari 900.000 penerbangan maskapai yang sudah memenuhi IOSA.

Sementara itu, statistik maskapai yang tak memiliki IOSA menunjukkan satu kecelakaan terjadi dari 300.000 penerbangan. Berdasarkan data itu, dia mengatakan bahwa keamanan maskapai yang sudah memenuhi standar IATA bisa dibilang lebih baik.

Oleh karena itu, IATA pun mendorong agar maskapai lain di Indonesia yang belum menerapkan standar keselamatan internasional segera mengikuti jejak Garuda. Menurut Tony, saat ini pemilik IOSA tidak harus selalu menjadi anggota IATA.

Terkait dorongan IATA dan Kementerian Perhubungan agar semua maskapai di Indonesia memenuhi standar IOSA, Presiden Direktur Indonesia AirAsia Sunu Widyatmoko mengatakan bahwa pihaknya masih akan pikir-pikir.

"Saat ini, kami belum ada pembicaraan (mengenai IOSA). Kami belajar dengan yang lalu. Kami harus kaji dulu regulasi, kan ada standar minimum," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com