Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OJK: Kondisi Industri Jasa Keuangan Masih Stabil

Kompas.com - 13/03/2015, 03:19 WIB
Stefanno Reinard Sulaiman

Penulis


JAKARTA,KOMPAS.com - Kinerja keuangan dan profil risiko di lembaga jasa keuangan nasional sampai Februari, terpantau masih dalam kondisi normal. Sementara itu, kinerja pasar modal domestik pada Februari 2015 cenderung menguat.

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK, Nurhaida menuturkan penguatan tersebut terlihat dari peningkatan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan penurunan imbal hasil Surat Berharga Negara (SBN).

"Ini pengaruh sentimen global, seperti normalisasi The Fed yang belum dilaksanakan dalam waktu dekat, kesepakatan bailout Yunani, dan quantitive easing zona Euro," kata Nurhaida di kantornya, Jakarta, Kamis (12/3/2015).

Selain itu, menurut Nurhaida, faktor selanjutnya adalah membaiknya data ekonomi domestik antara lain data inflasi, neraca perdagangan, dan transaksi berjalan.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Komisioner Pengawas Bank I OJK, Irwan Lubis mengatakan kondisi keuangan lembaga jasa keuangan juga terpantau dalam kondisi baik. Meskipun, kata dia, pertumbuhan kredit perbankan dan piutang pembiayaan melambat per Januari 2015.

"Pertumbuhan kredit perbankan dan piutang pembiayaan per Januari 2015 tercatat sebesar 11,55 persen dan 4,68 persen yoy (year on year), melambat dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 11,58 persen dan 5,22 persen yoy, tapi masih sejalan dengan proses penyesuaian dalam perekonomian domestik," jelas Irwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com