Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dikritik IATA, Kemenhub Bilang di AS Saja Tak Ada yang Jual Tiket di Bandara

Kompas.com - 18/03/2015, 09:09 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
 - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menanggapi santai kritikan dari Asosiasi Transportasi Udara Internasional atau The International Air Transportation Association (IATA) terkait penghapusan loket tiket di bandara. Menurut Kemenhub, keputusan penghapusan loket tiket di bandara justru salah satunya karena mengacu pada industri penerbangan di Amerika Serikat, di sana tiket tak dijual di bandara.

"Saya 4 Tahun di Amerika Serikat enggak pernah melihat tiket dijual di bandara," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Udara Suprasetyo di Kantor Kemenhub, Jakarta, Selasa (17/3/2015).

Lebih lanjut kata dia, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan pun pernah memiliki pengalaman tak bisa membeli tiket langsung di bandara. Saat itu kata dia, Menhub mencoba membeli tiket saat transit si salah satu bandara di AS. Hasilnya, Jonan harus menelepon agen penjual tiket terlebih dahulu untuk memesan tiket.

Selain itu, Kemenhub juga mengatakan bahwa penghapusan loket tiket di bandara dengan alasan mencegah penipuan atau praktik percaloan di bandara. "Ini juga menghindari penipuan-penipuan, misal ada saudara kita yang dari kampung tapi tidak tahu cari tiket di bandara, ini bisa jadi sasaran empuk (penipuan)," kata dia.

Sebelumnya, IATA mengkritik Kementerian Perhubungan (Kemenhub) selaku regulator dunia penerbangan nasional. Organisasi itu menilai banyak peraturan penerbangan di Indonesia yang kontra produktif terhadap industri penerbangan itu sendiri.

"Namun Indonesia memiliki peraturan yang kontraproduktif dan memperlakukan maskapai tidak seperti bisnis lain yang sebanding," ujar Director General dan CEO IATA Tony Tyler di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Kamis (12/3/2015).

IATA menyoroti beberapa peraturan misalnya soal penghapusan penjualan tiket di Bandara yang dilakukan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan. Bagi IATA,hal itu sangat kontraproduktif karena untuk Kereta Api, pembelian tiket masih bisa di stasiun. (baca: Asosiasi Perusahaan Penerbangan Dunia Kritik Berbagai Kebijakan Jonan)


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com