Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PP Pracetak Siapkan Pabrik Ketiga

Kompas.com - 18/03/2015, 17:22 WIB


KOMPAS.com - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Pembangunan Perumahan (PP) (Persero) Tbk melalui anak perusahaan PP Pracetak tengah menyiapkan pabrik pracetak ketiga. Pabrik itu berkapasitas 200 ton per tahun. Menurut rencana, sebagaimana warta pada Rabu (18/3/2015), pabrik itu bakal dibuka di Provinsi Lampung di atas lahan seluas 14 hektare.

Saat ini, PP Pracetak mengoperasikan pabrik pracetak di Cilegon, Provinsi Banten dan Sadang, Provinsi Jawa Barat. Pabrik pracetak di Cilegon dengan kapasitas 180 ribu ton per tahun berkontribusi utamanya dalam pembangunan proyek dermaga Kalibaru dan proyek-proyek di luar perseroan tersebut. Sementara, pabrik pracetak di Sadang dengan kapasitas 160 ribu ton per tahun berkontribusi utamanya dalam pembangunan proyek PP Properti, seperti Grand Kamala Lagoon di Kalimalang dan proyek-proyek di luar Perseroan.

Pabrik pracetak di Lampung ini direncanakan memproduksi Concrete Spun Pile D 800 dan D 1000 panjang 36 meter tanpa sambungan sebagaimana diproduksi pula di pabrik Cilegon. Di samping itu, pabrik juga akan memproduksi Girder, CCSP, dan Square Pile sebagaimana diproduksi di pabrik Sadang dan produk-produk inovatif lainnya.

Tujuan  pendirian pabrik di Lampung ini khususnya memenuhi kebutuhan pasokan beton pracetak di Sumatra. Pabrik tersebut didirikan dengan nilai investasi sekitar Rp 100 miliar. Pembangunannya akan memakan waktu konstruksi sekitar enam bulan termasuk pembuatan kolam dermaga. Dengan demikian sumber material, pabrik, dan dermaga muat (loading) berada dalam satu kawasan. Cara ini membuat kinerja pabrik menjadi efisien dan kompetitif.

Indonesia timur

PP Pracetak menargetkan order baru tahun 2015 sebesar Rp 1,4 triliun. Angka ini naik 40 persen dibandingkan dengan realisasi tahun 2014 sebesar Rp 1 triliun. Sedangkan pendapatan ditargetkan sebesar Rp 1,38 triliun atau naik 49 persen dibandingkan realisasi tahun 2014 sebesar Rp 924 miliar.

“Seiring dengan pertumbuhan ekonomi nasional dan banyaknya proyek infrastruktur yang dijalankan oleh pemerintah pada tahun ini dan tahun-tahun mendatang, PP Pracetak sampai dengan tahun depan akan mengembangkan sayap ke Indonesia timur dan mengoperasikan sedikitnya empat pabrik pracetak di Indonesia”, kata Bambang Triwibowo, Direktur Utama PT PP (Persero) Tbk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com