Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahli Waris Sulit Dihubungi, Klaim Asuransi Korban AirAsia Baru Rp 6,6 Miliar

Kompas.com - 19/03/2015, 18:18 WIB
Stefanno Reinard Sulaiman

Penulis


JAKARTA,KOMPAS.com - Ketua Umum Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), Hendrisman Rahim mengatakan, anggotanya baru membayar klaim sebesar Rp 6,6 miliar (per 11 Maret 2015) untuk korban kecelakaan pesawat AirAsia akhir Desember 2014 lalu.  Padahal, total nilai klaim korban mencapai Rp 78,75 miliar yang terbagi ke 79 nasabah, dengan total 163 polis.

Menurut Hendrisman, belum tuntasnya pembayaran klaim tersebut disebabkan faktor eksternal. Pertama, klien yang masih menunggu verifikasi korban, lalu sulitnya menghubungi ahli waris dari korban terkait.

"Baru 20 polis yang selesai. Masih ada keluarga yang menunggu identifikasi, verifikasi data, dan juga masih menunggu status ahli waris," jelas Hendrisman dalam acara Pemaparan Kinerja Industri Asuransi Jiwa Indonesia Q4 Tahun 2014, di Jakarta, Kamis (19/3/2015).

Hendrisman menambahkan, ahli waris dari korban ada beberapa yang meminta tidak dihubungi, sehingga proses verifikasi data untuk pembayaran klaim tertunda. "Ada berapa tertanggung yang beli asuransi melalui bank insurance. Ketika kami minta ke bank untuk dokumennya, bank mengatakan ahli waris tidak mau dihubungi," kata Hendrisman.

Hendrisman menegaskan, tidak ada kendala yang datang dari 21 perusahaan asuransi jiwa yang menjadi penjamin para korban. "Intinya akan dibayarkan setelah semua prosedur selesai. Kalau masuk datanya, kemudian ahli waris mau dihubungi, selesai," kata Hendrisman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com