Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru Separuh Sekolah di Papua Teraliri Listrik

Kompas.com - 20/03/2015, 20:25 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah Anies Baswedan mengatakan, sebanyak 17.520 dari 208.000 sekolah di seluruh Indonesia belum teraliri listrik. Mayoritas adalah pendidikan dasar atau SD dan menengah atau SMP.

Kebanyakan sekolah yang belum mendapat sambungan listrik adalah yang berada di remote area. Papua menjadi wilayah dengan rasio elektrifikasi listrik ke sekolah yang paling memprihatinkan. “Di data total SD/SMP/SMA/SMK, yang listriknya rendah secara persentase Papua baru 55 persen teraliri listrik, Sulawesi Barat (63 persen), Papua Barat (66 persen), NTT (70 persen), serta Kalimantan Barat (71 persen). Ini lima daerah yang paling rendah,” kata dia, Jakarta, Jumat (20/3/2015).

Sementara itu, wilayah-wilayah yang hampir semua sekolahnya sudah teraliri listrik mayoritas di Pulau Jawa. Paling tinggi rasio elektrifikasinya adalah Jawa Tengah (97 persen), Bangka Belitung (96 persen), Daerah Istimewa Yogyakarta (96 persen), Jawa Barat (95 persen), dan kelima adalah Jawa Timur (95 persen). “Ini menunjukkan sekolah yang tidak teraliri listrik adalah di daerah yang tertinggal pembangunannya,” pungkas Anies.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com