Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kadin Bakal Selesaikan Pembangunan 5 PLTB

Kompas.com - 20/03/2015, 20:33 WIB
Stefanno Reinard Sulaiman

Penulis


JAKARTA,KOMPAS.com - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menargetkan akan menyelesaikan 5 pembangkit listrik tenaga biomassa (PLTB) di sejumlah wilayah Indonesia timur. Menurut Wakil Ketua Umum Kadin Koordinator Wilayah Indonesia Timur, Annar Salahuddin Sampetoding, target percepatan ekonomi di Indonesia timur tidak akan terealisasi jika tidak didukung oleh infrastruktur yang memadai.

Oleh karena itu, kata dia, pembangunan PLTB menjadi hal yang fundamental untuk segera dibangun. "Saya sering mengatakan kepada investor, contoh mau bangun smelter, percuma kalau tidak ada listrik. Keluarkan regulasi, tanpa dibangun infrastruktur seperti jalan dan listrik sama saja," jelas Annar di Menara Kadin, Jakarta, Jumat (20/3/2015).

Lebih lanjut lagi Annar mengatakan, proyek pembangunan PLTB ini sudah mendapat investor dari Tiongkok dan Jerman. Sedangkan untuk perbankan, Annar mengatakan sudah menggaet Deutsche Bank. "Nilai investasinya sekitar 250 juta dollar AS. Rencana kita buat 30 PLTB, sekarang yang 5 tadi masih dalam tahap pencarian lahan sekitar 3.000-4.000 meter. Kekuatan satu PLTB tersebut rencananya akan berkapasitas 10 megawatt (MW)," kata Annar.

Lokasi pembangunan tahap awal 5 PLTB tersebut antara lain di Morowali (Sulawesi Tengah), Buton dan Kolaka (Sulawesi Tenggara), Mamuju Tengah dan Polewali Mandar (Sulawesi Barat). Selain itu Annar mengatakan skema kerja sama ini sepenuhnya dilakukan dengan pihak swasta. Nantinya, kata dia, PLN bisa langsung membeli dari pihak terkait. "PLN bisa langsung beli, supaya tidak menimbulkan tender yang macam-macam," kata Annar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com