Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ADB : Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I akan Melambat

Kompas.com - 25/03/2015, 18:44 WIB
Stefanno Reinard Sulaiman

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Deputi Direktur Asian Development Bank (ADB) Indonesia, Edimon Ginting memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal I tahun ini akan melambat. Menurut dia, hal ini berkaca dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya.

"Yang paling penting adalah slow down-nya berhenti, dari segi private sector pemerintah masih akan melambat. Dari sisi investasi biasanya agak melambat, di semester I. Tapi bukan jelek, mudah-mudahan lebih bagus dari 5 persen," kata Edimon dalam acara pemaparan publikasi ekonomi tahunan ADB, di Jakarta, Selasa (24/3/2015).

Menurut Edimon, melambatnya pertumbuhan ini tidak bisa dibiarkan oleh pemerintah. Berkaca dari tahun lalu, karena terlalu pelan untuk mengurangi defisit transaksi berjalan maka penyerapan pemerintah menjadi di bawah standar.

"Tahun lalu penyerapan pemerintah di bawah standar, sebagian dipelanin untuk mengurangi defisit jadi 2 dari target 2,5. Tapi jadinya terlalu pelan. Demikian juga dengan capital spending yang hanya 25 persen, itu juga terlalu pelan," jelas Edimon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com