Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bebaskan Visa bagi 45 Negara, 9 'Pintu Gerbang' Indonesia di Benahi

Kompas.com - 25/03/2015, 20:03 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Keputusan pemerintah menambah jumlah negara bebas visa dari 15 menjadi 45 negara dinilai akan membuat kerja keimigrasian tak bisa santai. Pasalnya, akan semakin banyak wisatawan mancanegara (Wisman) datang ke Indonesia.

Mengantisipasi lonjakan wisman tersebut, pemerintah akan melakukan pembenahan disektor imigrasi. Rencananya, sembilan pintu gerbang Indonesia akan dibenahi.

"Di bidang imigrasi, Indonesia berbenah diri untuk bisa menyiapkan kedatangan wisatawan lebih banyak," ujar Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo di Jakarta, Rabu (25/3/2015).

Dia menuturkan, sembilan pintu gerbang tersebut terdiri dari lima bandara dan empat pelabuhan. Nantinya, proses imigrasi harus bisa dilakukan secara online.

"Utamanya di 5 pintu masuk terbesar yaitu Batam, Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Ngurah Rai (Bali), Bandara Kualanamu (Medan) dan Bandara Juanda (Surabaya). Harus bisa melalui online dan sebagainya," kata dia.

"Dalam rakor tadi juga kalau bisa minta empat pelabuhan yaitu di Batam Center, Pelabuhan Sekupang, Pelabuhan Tanjung Uban, dan Pelabuhan Sri Bintang, itu juga dibuka untuk proses imigrasi yang free visa," lanjut Indroyono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com