Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Australia akan Gabung dengan Bank Pembangunan Tiongkok

Kompas.com - 26/03/2015, 03:41 WIB

KOMPAS.com - Australia mengatakan "siap bergabung" dengan Bank Pembangunan Infrastruktur Asia (AIIB) yang dipimpin Tiongkok jika beberapa syarat dapat disepakati.

Perdana Menteri Australia Tony Abbott sedang membahas aturan menjalankan AIIB dengan Tiongkok. Ia mengatakan keputusan akan dibuat "dalam beberapa hari ke depan".

Inggris, Perancis, dan Jerman juga mengumumkan rencana untuk bergabung dengan bank peminjam yang diketuai oleh Beijing itu, yang dianggap sebagai rival Bank Dunia.

Langkah ini mendapat keluhan dari Amerika Serikat yang melihat AIIB sebagai alat Tiongkok untuk memperluas pengaruh politik mereka. Washington menjelaskan peminjam baru harus memenuhi aturan dan standar internasional.

"Kami telah berbicara dengan Tiongkok untuk memastikan AIIB adalah institusi multilateral, dijalankan dengan penuh rasa hormat, memiliki proses yang transparan, bisa dipertanggungjawabkan dan tidak hanya dikontrol oleh satu pihak," Abbott menjelaskan di parlemen Australia.

AIIB sudah memiliki lebih dari 30 anggota dan negara-negara pendukung memiliki waktu hingga akhir Maret untuk memutuskan apakah mereka akan bergabung dalam keanggotaan.

Institusi ini akan memiliki dana awal sekitar 50 miliar dollar AS atau hampir senilai Rp 650 triliun untuk membantu negara kawasan membangun jalan, pelabuhan dan fasilitas infrastruktur lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com