Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembali Melemah, Nilai Tukar Rupiah terhadap Dollar AS Sentuh 13.000

Kompas.com - 26/03/2015, 14:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Nilai tukar rupiah kembali melemah dan menembus level 13.000 per dollar AS pada Kamis (26/3/2015) siang. Sehari sebelumnya, mata uang Garuda sebenarnya telah menguat dan diperdagangkan di level 12.932 per dollar AS.

Mengutip kurs tengah Bank Indonesia, nilai tukar rupiah siang hari ini berada di posisi 13.003 per dollar AS atau melemah 0,54 persen dari hari sebelumnya, 12.932 per dollar AS. Adapun mengutip Bloomberg, nilai tukar rupiah diperdagangkan di level 13.013 per dollar AS.

Mata uang rupiah belakangan ini terus tertekan seiring dengan terjadinya defisit neraca berjalan (current account deficit). Bahkan, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengungkapkan, rupiah adalah mata uang yang paling rentan jika dibandingkan dengan mata uang negara berkembang lainnya.

"Kami penasaran kenapa Filipina, Thailand, dan India itu lebih kuat dari rupiah ketika berhadapan dengan dollar AS dibanding mata uang lainnya?" kata Bambang di Senayan, Jakarta, Rabu (25/3/2015).

Ternyata, setelah dicermati, Filipina dan Thailand memang memiliki neraca transaksi berjalan yang surplus. Sementara itu, India, yang tadinya mengalami defisit neraca transaksi berjalan (CAD), dalam waktu satu tahun bisa menurunkannya secara drastis, dari 3,5 persen menjadi 2 persen, terhadap produk domestik bruto (PDB).

"Jadi, kesimpulan kami, kalau ingin rupiah kuat, kita harus memperbaiki CAD," ucap Bambang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com